Minggu, 26 Januari 2014


Cara Mengusir Jerawat

Kalo udah nyebut jerawat, pastinya kepikiran sama hal sepele tapi ngebetein banget. Apalagi buat anak cewek, wajah yang tadinya mulus bisa berubah jadi kasar. Penyakit begini bikin orang ilfiil dan nggak pede.
Dibawah ini merupakan Tips-tips untuk mengusir jerawat :
Munculnya jerawat diwajah berbeda-beda pada tiap wanita. karna jerawat sendiri banyak macamnya. Pastinya, setiap jenis jerawat penyebab dan cara mengatasinya juga berbeda-beda.
  1.    Komedo
Pori-pori yang tersumbat bisa terbuka atau tertutup biasanya disebut komedo. Komedo sendiri terbagi jadi dua yaitu blackhead, bentuknya seperti pori-pori terbuka yang membesar dan menghitam. Komedo jenis ini terjadi karena penyumbatan pori yang teroksidasi sama udara. Sedangkan komedo tertutup, tumbuh diatas pori-pori yang tersumbat. Bentuknya seperti tonjolan putih kecil-kecil di bawah kulit yang disebut whitehead. Kelebihan kelenjar minyak di kulit dan sel-sel kulit mati yang tersumbat merupakan penyebab timbulnya komedo. Biasanya karna cuaca yang panas sehingga berkeringat kemudian lembab ditambah pemakaian makeup yang mengandung minyak.

  • Cara Mengatasinya :
Biasakan cuci muka setiap pagi sebelum beraktivitas dan malam hari sebelum tidur dengan pembersih yang mengandung salicylic-acid atau AHA/BHA. Karna bahan tersebut mampu mengangkat sel-sel kulit mati. Selain itu setiap seminggu sekali, rajin scrubing dan atau maskering. Selalu bawa kertas minyak di dalam tas, karna berguna untuk menyerap kelebihan minyak yang ada diwajah. Sedangkan untuk menghilangkan blackheads, kamu bisa pake plester pore strips, yang udah banyak dijual di pasaran.
  
2.      Jerawat Biasa
Warna jenis jerawat ini biasanya pink dan kemerahan. Penyebab jerawat ini karna infeksi bakteri yang ada disekitar. Misalnya waslap bekas bersihin muka, jari tangan, telepon, dll. Karna ditempat itu bakteri berkembang biak dengan cepat. Jerawat biasa muncul di sekitar dagu dan pipi. Coklat dan French fries itu bukan makanan yang bikin wajah jadi jerawatan.

  • Cara mengatasinya :
Buat menghilangkan bakteri penyebab jerawat, kamu cukup memakai sabun pencuci muka yang mengandung benzoyl-peroxida atau sabun sulfur setiap pagi dan malam hari. Selain itu kamu juga mesti rajin masker muka yang antijerawat seminggu sekali. Kalo jerawat kamu masih nggak mempan mau out juga, saatnya memakai salep yang mengandung garamicyn. Salep ini bisa membunuh bakteri dan mengurangi peradangan serta pembekakan.
  
3.      Cystic Acne ( jerawat batu )
Timbulnya cystic acne biasanya karna faktor keturunan atau karena kelenjar minyak yang berlebihan. Sel-sel kulit mati yang terlambat berproduksi dengan cepat merespon secara berlebihan so terjadi peradangan yang meninggalkan bekas dikulit.
  • Cara mengatasinya :
Jerawat batu ini paling bandel buat diilangin, cara ngatasinya juga lebih susah dan mesti ditangani langsung oleh dokter kulit. Biasanya dokter member pil antibiotik seperti tetracycline atau disuntik dengan cortisone yang dalam waktu 48 jam jerawat batu kamu langsung hilang. Tapi efek samping dari suntik ini, bibir jadi pecah-pecah. Pastinya biaya yang harus dibayarkan jelas nggak sedikit.




Cara Alami Mengusir Jerawat

Ada cara alami yang bisa kamu cobain buat ngilangin jerawat. Soal biaya dijamin murah asal kamu rajin ngelakuinya. Selama wajah bebas jerawat, kenapa nggak dicoba ? Yuuukk…
1.      Masker  Madu
Madu selain bisa menambah energi juga berguna buat ngilangin  jerawat. Karna kandungan anti bakterinya bisa membunuh kuman dan ngilangin jerawat kecil. Caranya oleskan madu di muka minimal seminggu dua kali. 

2.      Cuci wajah 2x sehari
Setelah seharian beraktivitas, pastinya yang namanya debu,polusi dan bakteri udah nempel di wajah. Gunakan sabun antijerawat untuk mencuci muka setiap pagi dan sore hari. Pilih yang bahan dasarnya belerang.

3.      Minum Multivitamin
Jerawat muncul diwajah bukan karena kotoran doing. Nutrisi yang nggak sempurna pada tubuh juga mempengaruhi timbulnya jerawat. Kesehatan kulit benar-benar tergantung pada asupan nutrisi yang masuk. So biasain minum multivitamin biar stamina kamu tetap terjaga.

4.      Vitamin A
Wortel merupakan salah satu makanan  yang  mengandung vitamin A. Beta karotine yang terkandung di dalamnya bermanfaat untuk memperkuat serat-serat yang mampu melindungi kulit dan mencegah timbulnya jerawat. Selain itu antioksidan yang terdapat di dalam wortel mampu menyingkirkan racun dalam tubuh.

5.      Minum 8 gelas sehari
Jangan anggap remeh air putih.karna air putih berguna banget buat tubuh. Delapan gelas air putih sehari bisa mendorong keluar kotoran dalam tubuh dan efektif menyehatkan kulit. Well, mulai sekarang bawa sebotol air putih ditas kamu..



Sumber : Majalah Gaul edisi 32

Tidak ada komentar:

Posting Komentar