Rabu, 16 Oktober 2013

Pesona Pantai WediOmbo


Holiday In Jogja..




Bertepatan dengan liburan semester tepatnya pada bulan agustus-september 2013, keluargaku  pulang mudik ke kampung halaman.. yaa memang sudah menjadi tradisi setiap tahunnya.. :-D berkumpul bersama sanak saudara kami merayakan Idhul Fitri bersama. Kebetulan untuk mengisi waktu libur saya, disanapun saya menyempatkan liburan dengan saudara saya, salah satu diantaranya saya mengunjungi tempat wisata disekitar Daerah Istimewa Yogyakarta yaitu pantai wediombo yang terletak di kabupaten Gunung Kidul di ujung selatan provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Pantai ini termasuk dalam gugusan pantai di ujung timur sehingga hampir berbatasan dengan pantai yang ada di kabupaten wonogiri. Pantai ini sangat mudah dijangkau bila sebelumnya telah datang ke Pantai Siung. Cukup kembali ke pertigaan di Tepus sebelum menuju ke Siung, kemudian belok kanan mengikuti alur jalan hingga menemukan papan petunjuk belok ke kanan untuk menuju Wediombo.

Kami berangkat dari daerah Prambanan, kurang lebih pukul 08.00 dengan menggunakan motor . Saat itu saya berkonvoi  jumlahnya sekitar 14 orang pemuda pemudi.. :-D :D wooww cukup banyak jumlahnya sampai-sampai beberapa motor yang mengikuti dibelakang kehilangan jejak motor kami,, Heheee…
Perjalanan kami menempuh waktu perjalanan kurang lebih  3 jam dari prambanan. Melewati pegunungan Gunung kidul,jalan naik dari Bukit Indah melewati Patuk kemudian sampai kota Wonosari.
Sesudah Kota Wonosari, jalan menuju ke Pantai Wediombo, ada dua jalur: melalui jalan yang menuju arah Pantai Sundak dan Pantai Siung, atau melalui jalan ke arah Pantai Baron. Kami menggunakan jalur arah Pantai Baron. Sebelum Pantai Baron ada percabangan jalan, pilih yang kiri (kalau kanan, masuk Pantai Baron). Setelah itu tinggal ikuti jalan utama.

Pemandangan selama perjalanan cukup memanjakan mata. tetapi perjalanan perlu ditingkatkan kewaspadaan karena jalan banyak yang berkelok-kelok dan naik-turun. Selama perjalanan kami menikmati pemandangan indah yang dipenuhi hamparan sawah serta perbukitan hijau yang membentang sepanjang perjalanan. Pukul 11.00 WIB kami akhirnya sampai juga di tempat parkir kawasan Pantai Wediombo. Pertama kali melihat dari tempat ini, rasanya aneh dan unik. Ternyata saya masih berada di tempat tinggi. Pantai-nya sendiri ada di bawah sana. Sehingga kami harus berjalan turun melewati puluhan anak tangga untuk ke pantai tersebut. Cukup melelahkan apabila kami harus kembali mendaki puluhan anak tangga tersebut, tetapi kami sangat senang karena telah terbayarkan oleh pemandangan yang sangat indah membentang disekitar pantai. Pantai yang masih direalisasikan oleh pemerintah baru-baru ini menambah daya tarik wisatawan domestik ataupun luar negeri. Masuk ke pantai wediombo ini hanya memerlukan biaya Rp 5000,00 murah kan untuk ukuran pelajar atau mahasiswa ?? :-D :D 

            Kesan pertama begitu menginjakkan kaki di pasir putih Pantai Wediombo adalah luar biasa bersih dan luas.  Air lautnya masih biru, tak seperti pantai wisata lainnya yang telah tercemar hingga airnya berwarna hijau. Pasir putihnya masih sangat terjaga, dihiasi cangkang-cangkang yang ditinggalkan kerangnya. Suasana pantai juga sangat tenang, jauh dari riuh wisatawan yang berjemur atau lalu lalang kendaraan. Tempat yang tepat sekali untuk melepas jenuh. Oh ya, Wediombo sendiri, dalam bahasa Jawa, berarti “Pasir yang luas.” .. Selain memiliki pantai berpasir putih yang luas, wedi ombo juga memiliki gugusan karang dengan bentuk yang unik-unik. Batu karang yang menjorok ke laut tersebut biasa digunakan oleh para pemancing untuk mengail ikan. Sedangkan dikanan dan kiri pantai terdapat perbukitan yang berwarna hijau subur.


Sesampainya di pantai wediombo,  saya menikmati keindahan air laut dari atas semacam bukit kecil. Disertai angin yang semilir, dan tidak lupa untuk berfoto dengan saudara-saudara saya. Pemandangan saat di pantainya juga tidak kalah menarik. Ombaknya yang besar semakin menggoda kami untuk cepat-cepat bermain air laut. Tetapi semakin berjalan ke timur semakin banyak kerikil yang tajam dan besar jadi hati-hati untuk kalian yang ingin berwisata di pantai wediombo saat melintasi pinggiran pantai ini. Tapi jangan salah kerikil atau serpihan batu karang di pantai ini banyak yang berbentuk unik-unik loh.. Keindahan pantai ini bertambah dengan adanya batuan coral dan karang yang eksotis., menjadikan pemandangan pantai ini tidak membosankan untuk dilihat. Pemandangan luar biasa ini sangat nikmat ketika dilihat dengan duduk-duduk santai dibawah rindang dan teduhnya pepohonan di pinggir pantai. Di pantai ini juga  bisa menikmati matahari tenggelam (sunset) yang indah dari sini..



Meskipun jarang dikunjungi wisatawan karenalokasinya yang terpencil , Fasilitas di Pantai Wediombo ini sudah cukup memadai, dengan adanya tempat parkir, mushola, kamar mandi dengan air bersih, dan kios-kios yang menyediakan makanan dan minuman dengan harga standard serta hasil tangkapan laut. Bedanya dengan pantai lain di Gunung Kidul, di sini belum ada kapal-kapal nelayan. Tapi banyak penduduk yang memancing di sekitar pantai ini.  Jika ada kesempatan berwisata kunjungilah pantai Wediombo nikmati keindahan dan keunikan pantai ini. Rasakan sensasi yang berbeda dari pantai-pantai lainnya. Dan jangan lupa ajak teman atau keluarga yaa,, :-D  









1 komentar:

  1. pantai wediombo masih alami sist ;)
    http://wisataloka.com/item/pantai-wediombo/

    BalasHapus