Senin, 14 Oktober 2013

Tips Perawatan Kulit



Ø Memahami kulit anda
1.      Lawan Radikal Bebas
Radikal bebas, molekul-molekul oksigen berukuran kecil yang tak seimbang, melekat pada sel-sel tubuh yang lain dan merusaknya. Kolagen protein kulit khususnya mudah terkena radikal bebas yang menyebabkan molekul kolagen rusak dan menghubungkan kembali cara yang lain yang justru berbalik membuatnya kencang dan tidak bergerak. Makan makanan yang kaya akan antioksidan dan menggunakan berbagai produk kulit yang mengandung antioksidan dapat membebaskan radikal bebas.

2.      Tetap Segar
Dengan bertambahnya usia, sel-sel berhenti beregenerasi tidak seperti kecepatan pertama melakukannya dan dengan cara yang sama efisiennya. Sel-sel menjadi terbentuk tidak normal, menjadikan tekstur kulit Nampak berbeda dan menghalangi kulit dari menahan air. Hasilnya tekstur kulit dan penahan air menjadi berkurang. Jumlah air minum yang disarankan setiap harinya 2,2 liter untuk wanita dan 3 liter untuk pria.

3.      Hentikan Penyebab Penuaan Kulit
Dengan mengetahui berbagai penyebab penuaan kulit sebelum saatnya dapat membantu anda untuk mengambil tindakan pencegahan. Penyebab utama adalah kerusakan radikal bebas pada sel-sel yang disebabkan kontak langsung dengan matahari, asap rokok, toksin dan polusi, kecuali pola makan yang buruk, konsumsi alcohol yang berlebihan, stress, kurang tidur dan penggunaan produk kulit yang keras dapat mempercepat proses penuaan tersebut.

4.      Kenali Jenis Penuaan Kulit Anda
Secara kronologisnya, kulit tua adalah hasil dari faktor-faktor internal dan berperan sebagai pengencer dan kulit yang kurang elastis yang lembut dan tak berkomedo. Kulit tua yang bercahaya, bagaimanapun ditandai dengan kerutan-kerutan, bintik-bintik hitam, pigmentasi yang tak rata dan nampak kasar.
5.      Kenali Jenis Kulit Anda
Agar dapat  memilih produk perawatan kulit yang sesuai, anda perlu mengetahui jenis kulit anda. Kulit kering biasanya mempunyai kulit yang kasar, pembuluh kapiler yang bisa dilihat dan tak sedap dipandang, sedangkan kulit yang berminyak mempunyai pori-pori yang bisa dilihat, berbintik dan daerah yang berpigmen.

Ø Meningkatkan kebiasaan anda

1.      Manjakan Diri Anda
Semakin usia anda bertambah, penting untuk memanjakan diri dengan facial secara berkala. Wanita yang berusaha keras untuk terlihat cantik percaya bahwa tak ada wanita yang tak cantik di dunia ini, hanya yang mengabaikan kecantikannya. Jika kulit anda terasa cantik, maka anda akan merasa cantik seluruhnya.

2.      Berhenti Merokok
Merokok dengan tembakau mengubah proses perbaikan DNA kulit anda, menyebabkan kerusakan pada kolagen dan serat elastin, juga menyebabkan garis-garis dan kerutan yang muncul sebelum waktunya. Hal ini juga bisa menjadikan kekurangan oksigen dan nutrisi penting dan menyebabkan dehidrasi, semua yang menyebabkan penuaan dini.

3.      Hindari Area Rokok
Hindari tempat-tempat seperti bar dan klub yang menyebabkan anda kontak langsung dengan asap rokok. Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kontak langsung dengan asap rokok area yang tertutup sama buruknya dengan kontak langsung dengan sinar ultraviolet matahari. Rokok dapat menyebabkan kekeringan pada permukaan kulit ditambah pula menghalangi pembuluh darah, sehingga memperlambat aliran darah dan mengurangi vitamin C, unsur penting untuk menjaga agar kulit tetap kencang dan lembab.

4.      Posisi Tidur Yang Sempurna
Tidur dengan posisi yang melengkung seperti posisi bayi akan menyebabkan kerutan pada sebagian muka anda dimana daerah muka anda yang mempunyai kulit yang paling tipis. Cobalah untuk tidur bersandar punggung anda ketika malam hari (dan hindari berguling memeluk bantal), jika anda ingin bangun dengan wajah yang lembut dan terhindar dari bekas lipatan.

5.      Tetap Minum Air Putih
Minumlah air putih paling sedikit 6 gelas per hari untuk membantu mengurangi nafsu makan, mengubah lemak dan menjaga tubuh anda dan kulit anda agar tetap segar dan terlihat lebih muda. Minuman diet ringan, teh herbal dan jus buah tak menguntungkan bagi tubuh anda sebaik air putih biasa.


Ø Pembersihan

1.      Pembersihan Sesuai Jenis Kulit
Semua ahli kulit sepakat bahwa anda sebaiknya menggunakan produk yang sesuai untuk jenis kulit yang berbeda. Kulit kering sebaiknya dibersihkan tanpa mengangkat lapisan tipis pelindung sehingga anda membutuhkan pembersih yang bersusu dan kental. Kulit berminyak membutuhkan produk-produk yang terbuat dari minyak karena dapat menghilangkan kotoran kelenjar lemak secara efektif. Untuk kulit normal, cobalah semua produk yang lembut dan terbuat dari air.

2.      Mandi Sesaat
Perpaduan air yang sangat panas dan membasuh muka dan tubuh anda dengan sabun akan menghilangkan kelembaban alami yang seimbang, jadi usahakan mandi anda sehari-hari tidak terlalu lama dan air yang digunakan tidak terlalu panas untuk mencegah kekeringan pada kulit.

3.      Pembersihan Secara Cepat Dan Mudah
Terdapat banyak pembersih muka di pasaran untuk membantu mempercepat proses pembersihan, tapi pastikan anda memilih yang sesuai dengan kulit anda. Karena banyak yang diformulasikan bagi remaja, produk-produk tersebut akan terlalu keras bagi kulit yang lebih tua. Begitu juga produk anti penuaan yang beragam bisa sangat keras dan mengandung bahan kimia berbahaya, maka yang terbaik untuk kulit sensitif adalah dengan cara menyekanya saja.

4.      Mencuci Tangan
Hindarilah selalu menusuk dan memencet komedo dan jerawat. Begitu juga noda terkecil dapat membesar dan yang awalnya noda kecil di pemandangan dapat berubah menjadi kawah yang berukuran besar. Gunakan segumpal krim calendula untuk bayi selama semalam untuk mengeringkannya.

5.      Bersihkan Sebelum Tidur
Kulit yang lebih tua membutuhkan TLC disbanding kulit remaja, jadi jangan pernah pergi tidur sebelum membersihkan muka. Hal ini akan menyumbat pori-pori dan membuat kulit anda berhenti bernapas, memperbanyak pertumbuhan noda dan komedo pada pagi harinya. Anda juga harus menyempatkan waktu pada malam hari disbanding pagi harinya untuk melakukan perawatan kulit. Jadikan hal ini suatu kebiasaan. 


Ø Berbagai Krim, Serum, Dan Pelembab

1.      Kerja Air Yang Luar Biasa
Cobalah langkah awal bahan-bahan yang aktif dari semua produk perawatan kulit dengan mencobanya pada kulit yang sedikit lembab. Usapkan tangan basah anda pada muka atau tubuh sebelum mengenakan krim-krim anti kerut dan serum anti-selulit, maka tak hanya cara itu membuatnya bekerja lebih cepat tapi juga  akan dapat meresap dengan mudah pada lapisan luar kulit.

2.      Ganti Produk-Produk Lama
Krim kulit dengan bahan-bahan aktif mempunyai masa kadaluarsanya sendiri jadi jangan berharap akan bisa digunakan terus. Sebulan sekali ganti semua produk dan pembelian pada rak anda dan putuskan hanya untuk membeli produk-produk yang sesuai dengan usia dan tingkatan kulit anda.

3.      Lindungi Kulit Luar Anda
Semakin kita tua, kulit muka kita menjadi semakin tipis dan kering. Hal ini membutuhkan perlindungan ekstra dan perlu lebih banyak pelembab, terutama pada bulan-bulan musim dingin. Hindari penyegar yang keras dan tambahi lagi kekurangan air dengan krim muka yang keras.

4.      Penggunaan Produk
Hati-hati menggunakan produk satu dengan yang lain pada muka anda dengan jumlah yang melewati batas. Terlalu banyak bahan yang berbeda dan terlalu banyak lotion murni dapat menyebabkan iritasi dan kulit yang terlalu peka.

5.      Perbaikan Di Malam Hari
Kulit memperbaiki sendiri secara efektif pada jam-jam antara jam 1 dan 3 malam, jadi produk yang ditujukan untuk menghilangkan dan menghindari munculnya noda akan lebih efektif dalam waktu semalaman. Gunakan produk perawatan kulit yang mengandung banyak senyawa asam setelah membersihkan muka untuk membuat lapisan luar kulit mengelupas dan menyegarkan lapisan-lapisan dalam.

6.      Gunakan Serum Terlebih Dulu
Serum yang mengandung bahan-bahan aktif untuk bertujuan khusus biasanya digunakan dulu pada kulit sebelum pelembab. Karena produk ini sangat intensif, anda hanya perlu beberapa tetes, jadi hal ini akan membuat usaha anda maksimal. Karena kulit bertambah tua dan menghasilkan sedikit sebum, jadi anda dapat menggunakan kedua produk untuk hasil yang dikombinasikan.

7.      Serius Mengenai Serum
Penggunaan serum berguna bagi kulit tua, yang mengandung bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membantu pencerahan dan pengangkatan. Produk tersebut dapat meresap ke dalam lapisan kulit luar secara mendalam disbanding pelembab karena produk ini mengandung susunan molekul yang lebih kecil.

8.      Pelembab Sebelum Make-Up
Gunakan pelembab sebelum menggunakan make up karena ini akan menjadikan kulit terlihat sehat dan kencang. Tunggu 5-10 menit kemudian gunakan make up setelah pelembab.


Ø Bahan-Bahan Perawatan Kulit

1.      Perawatan Kulit Sebagai Pencegahan
Untuk menetralkan kerusakan kulit di masa dating, dokter ahli kulit menyarankan anda untuk mencari antioksidan berikut ini untuk pemakaian sehari-hari : idebenone, ferulic acid, vitamin C dan E, koenzim Q10 dan lycopene.

2.      Cari Bahan-Bahan Aktif
Secara legal bahan-bahan yang pertama tercantum dalam label seharusnya mempunyai konsentrasi tertinggi dalam ramuan tersebut. Istilah ‘aktif’ mempunyai arti sebuah bahan yang bekerja di bawah lapisan kulit untuk menghasilkan perubahan-perubahan yang dapat dilihat. Untuk cara kerjanya bagaimanapun bahan ini harus dilindungi dari udara dan sinar serta digunakan secara berkala.

3.      ‘C’  Adalah Kolagen
Vitamin C penting bagi krim-krim muka dan pola makan karena penting bagi pembentukan kolagen, protein yang memberikan kulit elastisitas dan kekuatannya. Sebagai suatu antioksidan, protein ini melenyapkan radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh yang disebabkan polusi, stress dan pola makan yang buruk. Jika tidak dicek, hal ini dapat menyerang kulit dan menyebabkan penuaan dini.

4.      Pilih Buah Kiwi Untuk Kulit
Sebagus vitamin C dan E, potasium dan magnesium, buah kiwi terdiri dari kadar asam alpha-linolenic yang tinggi yang membantu mempertahankan kelembaban kulit dan rambut. Minyak biji kiwi terdiri atas lebih dari 60% ALA, membuatnya ideal sebagai produk perawatan kulit.

5.      Vitamin Yang Ajaib
Jika kulit sudah mulai Nampak pudar dan mati, vitamin A dapat membantu. Ditemukan dalam retinol, tretinoin, tazarotene dan palimate (perkembangan-perkembangan baru dalam hal ini) dapat meningkatkan elastisitas dan pengencangan kulit dan membalikkan penuaan.

6.      Daftar Bahan
Retinoid merupakan versi sintetis dari vitamin A, generasi pertama yang disebut Retin-A dan retinol. Zat-zat tersebut mempunyai hasil yang luar biasa dalam mengurangi kerutan dan kulit yang bernoda sementara menambah pertumbuhan sel dan meregenerasi kulit baru.

7.      Kulit Yang Menyimpan Antioksidan E
Vitamin E yang terkenal  sebagai salah satu antioksidan yang kuat, yang dapat membantu mencegah kerusakan radikal bebas yang disebabkan oleh faktor-faktor lingkungan seperti matahari. Ditemukan pada krim kulit untuk menghindari kerusakan, tapi anda dapat menemukan sumber nutrisinya dalam sayuran-sayuran hijau dan minyak zaitun.      


Ø Pengelupas Dan Penggosok

1.      Scrub Yang Lebih Lembut
Kulit yang lebih tua membutuhkan perawatan yang hati-hati. Terus gunakan penggosok yang lembut secara rutin dan carilah produk yang mempunyai butiran yang berbentuk bola yang tidak melukai kulit anda. Gosokkan yang lembut dengan gerakan melingkar selama maksimal dua menit akan mengangkat sel-sel kulit mati dan meningkatkan sel-sel kulit baru yang segar untuk berkembang.

2.      Sel Baru, Kulit Baru
Kulit muda berganti baru sendiri tiap bulan. Semakin tua, proses tersebut akan melambat. Jadi penggosok yang lembut akan membantu menjaga siklus pembaruan, menghilangkan sel-sel mati dan menggantinya dengan kulit yang halus, namun tetap lakukan perawatan ini sampai seminggu sekali.

3.      Ganti Tekstur Yang Tidak Menyebabkan Luka
Jangan tertarik untuk menggunakan body scrub pada kulit yang lembut pada muka. Penggosok muka dengan kualitas yang bagus menggunakan Kristal-kristal berbentuk diamond disesuaikan untuk mengangkat sel-sel kulit mati dengan lebih teliti dari lapisan kulit epidermis. Body scrub mengandung butiran yang lebih kasar dan besar yang akan mengiritasi dan muka sensitif yang meradang.

4.      Melihat AHA
Pada dasarnya asam yang dihasilkan oleh tumbuhan dan buah-buahan alphahydroxy acid kini dihasilkan secara sintetis. Berperan sebagai pengelupas yang sejuk dengan menghapus zat-zat yang melekat yang mengikat sel-sel bersama, yang membuat sel-sel lama terbuka menjadi sel-sel baru. Sifat yang tidak melukai didapat dari krim-krim pengelupas atau masker.

5.      Mencari Salycylic Acid
Ini merupakan asam betahydroxy yang terutama bekerja sebagai pengelupas yang meningkatkan tekstur dan warna kulit. Semacam minyak yang dapat larut dalam asam yang dapat meresap ke dalam pori-pori yang mengandung sebum (pengeluaran yang mengandung lemak dari kelenjar minyak) dan mengelupas sel-sel kulit mati yang terbentuk di dalamnya.

6.      Pemakaian Berlebih Yang Merusak
Jangan melakukan perawatan pengelupasan yang berlebihan. Para ahli kulit telah melihat penambahan jumlah pasien yang dating setelah melakukan terapi yang terlalu keras. Setelah usia 35 tahun, anda harus fokus terhadap pelindungan dan perawatan kulit daripada memperbaikinya.

7.      Perawatan Kulit Secara Ilmiah
Beberapa produk terdiri atas alpahydroxy (AHAs) yang dihasilkan secara alami dari gula di dalam tanaman. Bekerja karena mempunyai molekul yang cukup kecil untuk meresap kedalam lapisan terluar kulit dan mencapai kulit yang lebih rendah. Produk-produk tersebut juga menghilangkan perekat yang merekatkan sel-sel kulit mati secara bersama-sama, meningkatkan perbaikan sel dan memperbaiki kulit yang nampak kusam dan kasar.


Sumber : Patricia,Baxter.2010.1001 Tips dan Trik Awet Muda.Jakarta:Prestasi Pustakaraya






Tidak ada komentar:

Posting Komentar